Kenapa Bisa Tumbuh Jerawat di Puting Payudara?

jpg

Kenapa Bisa Tumbuh Jerawat di Puting Payudara?

AirAsiaQQ – Meskipun Anda berupaya untuk menjaga kulit supaya tetap bersih, jerawat selalu dapat muncul bahkan di tempat-tempat yang tak terduga. Salah satunya di sekitar puting payudara.

Cukup banyak pria maupun wanita yang khawatir ketika mengalami kondisi ini. Walau begitu, tumbuhnya jerawat di puting payudara dapat terjadi pada siapa saja dan masih tergolong normal sehingga tak perlu Anda khawatirkan. Tetapi bila benjolan semakin lama terasa semakin nyeri, gatal, kemerahan, atau keluar cairan, kemungkinan ada keadaan kesehatan lain yang mesti Anda waspadai. Berikut beberapa penyebabnya :

1. Kurang menjaga kebersihan pribadi
Hal mendasar yang dapat dikaitkan dengan munculnya jerawat yaitu kurang menjaga kebersihan pribadi. Karena puting payudara mudah bergesekan pada pakaian, bila Anda jarang mandi, jarang mencuci bra, maupun pakaian. Nantinya kotoran pakaian, sel-sel kulit mati, minyak, maupun keringat, dapat dengan mudah bergesekan dengan kulit yang pada akhirnya menimbulkan jerawat di sekitar payudara Anda.

2. Pori-pori yang tersumbat
Sama pada jerawat biasanya, salah satu penyebab jerawat di puting payudara yaitu karena adanya penyumbatan pori pada kulit. Contohnya karena ada penumpukan minyak atau sel kulit mati di area puting payudara. Capsadomino.info

3. Folikel rambut tumbuh ke dalam
Setiap orang mempunyai akar rambut yang tumbuh disekitar puting dan areola. Folikel rambut yang normal semestinya tumbuh keluar, tetapi ketika folikel rambut tersumbat sehingga tumbuh ke arah dalam, nantinya akan menimbulkan benjolan seperti jerawat. Keadaan tersebut umumnya akan hilang dan kembali normal dengan sendirinya. DOMINOQQ  

4. Puting susu lecet
Jerawat pun dapat disebabkan oleh gesekan dari pakaian. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat, maupun menggunakan bra khusus olahraga ketika berolahraga bisa menyebabkan puting lecet dan menimbulkan jerawat.

5. Kelenjar montgomery bengkak
Kelenjar mongtgomery merupakan kelenjar kulit normal yang terlihat seperti benjolan kecil tetapi tidak terasa nyeri, letaknya di sekitar areola pada payudara. Kelenjar ini bertugas untuk memproduksi minyak dalam menjaga kulit di area payudara supaya tetap terlumasi dengan baik.

Pembengkakan kelenjar montgomery bukan menjadi yang umum, lebih banyak diderita bagi ibu hamil dan menyusui. Ketika menyusui, isapan yang dilakukan oleh bayi mungkin saja menjadikan area puting ibu menjadi lecet, dan pada akhirnya menimbulkan jerawat. BANDARQ ONLINE 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*