Kondom Juga Ternyata Bisa Kedaluwarsa Seperti Ini Ciri-cirinya

Kondom Juga Ternyata Bisa Kedaluwarsa Seperti Ini Ciri-cirinya

Kondom Juga Ternyata Bisa Kedaluwarsa Seperti Ini Ciri-cirinya

AirAsiaQQ.com – Sama halnya dengan makanan, ternyata kondom juga terdapat tanggal kedaluwarsanya. Biasanya tanggal kedaluwarsa (expiration date) kondom terlihat pada kemasannya. Namun mungkin saja tanggal yang dicantumkan telah pudar sehingga sulit dibaca. Bisa juga terjadi kesalahan dalam proses produksi membuat informasi kedaluwarsanya tak lagi sesuai.

Semua jenis kondom mempunyai daya simpan yang berbeda-beda, tergantung dari bahan dasar serta kemasannya. Tetapi secara umum kondom dapat disimpan hingga dua sampai lima tahun usai kondom diproduksi. Dan daya simpan tersebut berlaku dari kondom dibuat di pabrik, bukan saat Anda membeli kondom dari toko. Karenanya cara paling benar dan efektif dalam mengetahui umur simpannya dengan memeriksa tanggal kedaluwarsa pada semua kemasan kondom.

capsadomino

Anda diminta supaya dapat memerhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum membelinya. Jangan membeli kondom yang tidak memiliki informasi tanggal produksi atau kedaluwarsanya. Bila kondom yang Anda punya telah melampaui batas kedaluwarsa, buang dan jangan digunakan lagi. Capsadomino.org

Jika kondom yang telah terlanjur Anda beli tidak terdapat tanggal expired-nya, buka kemasan kemudian perhatikan kondom Anda. Jika tekstur kondom itu terasa kering serta kaku, itu tandanya kondom sudah tak layak digunakan.

Tetapi bila Anda membeli kondom yang terkandung spermisida atau lubrikan, biasanya teksturnya akan terasa lengket. Dimana permukaannya akan menempel serta sulit diurai. Ini berarti kondom itu sudah kedaluwarsa.

Kondom dibuat melalui beberapa bahan yang rentan kerusakan atas berjalannya waktu. Terdapat kondom yang dibuat dari lateks (getah karet) dan ada pula yang berbahan dasar poliuretan (plastik sintetis). Bahan-bahan itu dapat mengalami degradasi maupun kehancuran dengan alami. Bandar Poker

capsadomino

Seperti kantong plastik belanja yang didiamkan hingga bertahun-tahun. Kelamaan plastik itu akan hancur kemudian berlubang, walaupun Anda tak menggunakannya. Hal tersebut juga akan terjadi di kondom kedaluwarsa. Walaupun belum hancur atau berlubang, ketahanan kondom yang telah expired telah cukup jauh berkurang. Karenanya kondom menjadi mudah robek serta bocor saat digunakan dalam berhubungan seks.

Jika Anda nekat memakai kondom yang telah kedaluwarsa, ada sejumlah risiko yang mungkin akan muncul. Kondom yang sudah robek berisiko menyebabkan penularan penyakit kelamin contohnya hepatitis, klamidia, gonore, atau HIV/ AIDS. Bukan hanya penularan penyakit, pasangan pun mungkin dapat hamil. Ingat, masih jauh lebih murah membeli kondom baru daripada kedepannya mesti mengeluarkan banyak uang dalam mengobati penyakit. Capsa Susun

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*