Berbagai Tips Mudah Dalam Mencegah Keputihan

Berbagai Tips Mudah Dalam Mencegah Keputihan

Berbagai Tips Mudah Dalam Mencegah Keputihan

AirAsiaQQ – Keputihan tidak bisa selalu diartikan menjadi infeksi maupun gangguan kesehatan untuk vagina. Vagina memang dirancang agar dapat menjaga kebersihannya sendiri dengan cara mengeluarkan cairan keputihan. Memang keputihan ada yang normal dan ada juga keputihan yang menjadi suatu gejala penyakit atau abnormal. Dalam menentukan abnormal atau tidak, Anda harus memeriksakan diri ke tenaga medis. Berikut merupakan cara dalam menghindari keputihan abnormal pada vagina.

1. Menjaga kebersihan vagina
Menjaga kebersihan vagina adalah hal yang paling penting dalam mencegah infeksi sejumlah bakteri. Tinggalkan kebiasaan Anda membersihkan vagina menggunakan sabun mandi biasa. Membersihkan vagina dengan sabun mandi dapat mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan iritasi di vagina. Normalnya, pH pada vagina yakni sekitar 3,8 sampai 4,5, sedangkan sabun mandi umumnya cenderung mempunyai pH sekitar 7 sampai 8. Seluruh wanita mempunyai tingkat sensitif yang berbeda pada vaginanya, ada wanita yang tidak mempunyai masalah bila memakai sabun mandi biasa untuk membersihkan vagina, tetapi ada yang mengalami iritasi dan alergi bila menggunakan sabun biasa.

2. Mengganti pakaian dalam
Mengganti pakaian dalam 2 atau 3 kali dalam sehari akan membantu menjaga kebersihan vagina. Dengan cara ini, menghindarkan bakteri tertinggal di vagina dan juga akan menurunkan bau yang tidak sedap di vagina Anda. Bukan cuma itu, pastikan Anda memilih bahan yang tepat untuk pakaian dalam yang akan Anda gunakan. Penggunaan pakaian dalam yang salah akan menjadi salah satu faktor risiko vagina terkena infeksi bakteri. Carilah pakaian dalam yang berbahan katun, hal ini dapat memudahkan vagina Anda untuk bernapas. Kurangi menggunakan celana ketat seperti jeans yang akan membuat vagina dapat mengalami iritasi.

3. Berikan ruang pada vagina
Vagina membutuhakn ruang untuk bernapas, bila Anda sedang bersantai di rumah, cobalah sesekali dengan tidak menggunakan pakaian dalam. Udara dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan iritasi di area sekitar vagina. Capsadomino.net

4. Menggunakan pembalut atau pantyliner
Anda dapat menggunakan pantyliner atau pembalut yang tipis dalam menjaga kebersihan vagina, tetapi jangan lupa untuk sering-sering mengganti pembalut tersebut dan tidak menggunakan satu pembalut untuk waktu yang lama. AGEN TERPERCAYA

5. Melakukan hubungan seksual yang aman
Banyak penyakit seksual yang dikarenakan oleh bakteri yang tertular saat melakukan hubungan seksual, misalnya klamidia, gonore, herpes genital, sifilis, dan HIV. Bila perlu, mintalah pasangan Anda untuk menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual supaya terhindar dari infeksi bakteri.

6. Pemeriksaan serviks rutin
Wanita yang berumur antara 25 hingga 64 tahun dianjurkan supaya melakukan pemeriksaan serviks secara rutin. Pemeriksaan ini bertujuan dalam mendeteksi apakah ada perubahan abnormal pada leher rahim dan bila ada bisa dideteksi dari awal. Hal ini juga bisa mendeteksi kanker leher rahim pada wanita.

7. Mengonsumsi makanan yang sehat
Makanan juga cukup berpengaruh bagi kesehatan, termasuk kesehatan vagina. Mengonsumsi makanan yang sehat dan cairan yang cukup, bisa menjaga kesehatan reproduksi Anda. Contohnya jus maupun yogurt cranberry yang akan mencegah bakteri tumbuh pada vagina. AGEN POKER 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*