Hal yang Harus Dilakukan Wanita Usai Berhubungan Seks Ketika Hamil

Hal yang Harus Dilakukan Wanita Usai Berhubungan Seks Ketika Hamil

Hal yang Harus Dilakukan Wanita Usai Berhubungan Seks Ketika Hamil

AirAsiaQQ – Usai berhubungan badan, ada sejumlah hal yang wajib dilakukan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim, apalagi bila Anda melakukan seks saat hamil. Ketika hamil perlindungan yang dilakukan setelah seks tidak dapat disepelekan untuk mencegah sejumlah risiko kesehatan yang akan berakibat pada sang buah hati. Karena itu, ada sejumlah hal wajib yang harus Anda lakukan setelah seks bagi kesehatan vagina dan juga buah hati Anda.

1. Buang air kecil
Jangan sepelekan agar buang air kecil usai seks. Wanita mesti buang air kecil usai berhubungan seks. Dengan buang air kecil, maka sama saja Anda membantu tubuh untuk membersihkan bakteri yang menempel pada ujung uretra. Hal ini disebabkan bakteri dari rektum dapat mendekati uretra dan bisa menyebabkan infeksi.

Terlebih wanita hamil berisiko tinggi terkena infeksi saluran kencing (ISK) pada minggu ke-6 sampai minggu ke-24 kehamilan. Apalagi bila Anda didiagnosis mengalami ISK ini dan bisa dibiarkan tanpa diobati maka infeksinya dapat menjalar ke ginjal.

2. Membersihkan vagina
Usai buang air kecil dalam menghilangkan bakteri di ujung uretra, maka agar semakin bersih Anda mesti membersihkan vagina. Pelumas, air liur, dan bakteri maupun jamur yang menempel di vagina dan sekitarnya saat berhubungan seks dapat berkembang menjadi infeksi bila tidak dibersihkan secara benar. Infeksi yang terjadi ketika hamil dan tidak ditangani secara baik akan membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan. Capsadomino.net

Karena itu usahakan agar selalu membersihkan vagina usai berhubungan seks saat hamil. Pakailah sabun yang lembut dan tidak mengandung pewangi agar membantu mengangkat bakteri dan kotoran yang menempel di sekitar vagina bagian luar. SAKONG ONLINE

3. Mengganti celana dalam
Dalam menjaga kebersihan vagina, ada satu hal lagi yang mesti Anda lakukan selain buang air kecil dan membersihkannya. Anda juga harus mengganti celana dalam bekas pakai dalam menghindari ISK dan infeksi lainnya.

Celana dalam yang lembap ketika bercinta bila digunakan kembali dapat merangsang jamur dan bakteri berkembang biak. Maka, gantilah celana dalam Anda setiap usai bercinta. Gunakan celana dalam berbahan katun yang longgar suapaya keringat terserap dengan baik dimana lebih memungkinkan adanya sirkulasi udara dalam menjaga vagina tetap kering.

4. Minum air putih
Minum air usai berhubungan seks membantu membuat Anda kencing lebih banyak. Dengan begitu, akan semakin banyak bakteri yang akan keluar dari tubuh sebelum infeksi menyebar.

Dehidrasi dapat memengaruhi kesehatan tubuh termasuk vagina. Seks saat hamil memerlukan energi lebih sehingga bisa menambah produksi keringat yang dikeluarkan. Bila asupan cairan yang keluar tidak digantikan, maka bukan tak mungkin Anda dapat mengalami dehidrasi. BANDAR SAKONG

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*