Hati-hati Penyakit Ini Bila Mempunyai Benjolan Pada Testis

Hati-hati Penyakit Ini Bila Mempunyai Benjolan Pada Testis

Hati-hati Penyakit Ini Bila Mempunyai Benjolan Pada Testis

AirAsiaQQ – Menjumpai benjolan di bagian testis mungkin menjadi salah satu hal yang cukup menakutkan untuk kaum pria. Karena, testis mempunyai peran yang vital untuk perkembangan dan fungsi seksual seorang pria. Ada sejumlah kemungkinan penyebab benjolan testis, salah satunya cedera, cacat lahir, infeksi maupun faktor lainnya.

1. Varikokel
Jenis benjolan testis ini merupakan tipe yang cukup umum terjadi bagi pria. Umumnya, benjolan ini berada di atas testis maupun pada bagian kiri skroktum. Varikokel dikarenakan pembuluh darah vena membesar pada bagian testis atau skrotum. Menurut Weill Cornell Medical College, keadaan ini biasanya dialami satu dari tujuh pria. Gejala verikokel biasanya akan terlihat saat seorang mengalami masa pubertas, ketika aliran darah meningkat dan memenuhi bagian testis.

2. Hidrokel
Hidrokel merupakan penumpukan cairan yang terjadi di bagian selaput yang melindungi testis. Mayo Clinic memperkirakan jika hidrokel terjadi pada satu atau dua pada tiap 100 bayi laki-laki yang baru lahir. Penderita umumnya baru mengalami gejala ketika berusia 40 tahun. Bayi prematur mempunyai risiko lebih tinggi terkena hidrokel.

3. Kista epididimis
Kista epididimis terjadi ketika epididimis, yakni saluran yang berfungsi menyalurkan sel sperma melalui testis, dipenuhi dengan cairan yang mengendap sehingga tidak dapat mengalir. Bentuk benjolan testis ini cukup umum terjadi sehingga tak berbahaya. Sebagian besar kista epididimis umumnya akan sembuh dengan sendiri. Capsadomino.net

4. Torsi testis
Torsi testis terjadi ketika testis Anda menjadi bengkok, umumnya disebabkan cedera atau kecelakaan. Keadaan ini paling sering terjadi bagi anak laki-laki berumur antara 13 dan 17 tahun, tetapi bisa juga menyerang pria dari segala umur. Torsi testis merupakan sebuah keadaan darurat medis yang membutuhkan tindakan dan penanganan secepat mungkin. BANDARQ ONLINE

5. Hernia
Hernia merupakan penyakit yang terjadi saat ada bagian organ maupun jaringan seperti bagian dari usus yang menonjol ke daerah-daerah yang tak biasa. Bagian organ tersebut muncul dari jaringan otot maupun jaringan di sekitarnya yang lemah dan memunculkan tonjolan atau benjolan.

6. Kutil
Kutil kelamin dapat ditandai dengan munculnya sejumlah benjolan daging berukuran kecil layaknya kembang kol. Umumnya, kutil kelamin muncul di bagian skrotum, bagian batang dan ujung penis, dan anus. Penyakit ini bukan menjadi ancaman serius untuk kesehatan karena umumnya tak akan menyebabkan rasa sakit. Namun jangan sekali-kali Anda mencoba menghilangkan kutil ini sendiri, sebab untuk menghilangkan kutil Anda mesti ke dokter supaya terhindar dari infeksi.

7. Kanker testis
Kanker testis merupakan kanker yang berkembang di bagian testis laki-laki. Beberapa benjolan mungkin akan menunjukkan pertumbuhan kanker testis. Namun cuma dokter yang dapat menentukan apakah benjolan tersebut bersifat kanker atau tidak. Kanker testis merupakan jenis kanker yang sangat langka, penyakit ini biasanya terjadi oleh remaja dan pada laki-laki yang berumur lebih dari 30 tahun. AGEN TERPERCAYA

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*