Sejumlah Hal Yang Membuat Penis Berbau Tak Sedap

Sejumlah Hal Yang Membuat Penis Berbau Tak Sedap

Sejumlah Hal Yang Membuat Penis Berbau Tak Sedap

AirAsiaQQ – Penis yang sehat semestinya tak akan mengeluarkan bau yang khas. Bila penis berbau apek, mungkin karena Anda kurang getol untuk menjaga kebersihan penis apalagi usai berkeringat setelah beraktivitas di luar atau olahraga. Tetapi jika bau yang keluar tercium semakin menyengat, ini mungkin merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang harus dicek ke dokter.

Bukan hanya karena bau keringat, David Kaufman, M.D., seorang ahli urologi dari Central Park Urology New York mengatakan bahwa makanan bisa menjadi penyebab penis bau yang juga umum. Contohnya makan makanan yang kuat rasa bawang putihnya dapat membuat keringat di tubuh menjadi beraroma bawang putih pula. Sebagian besar kondisi penis yang bau ini tidak serius dan masih dapat diobati.

Walaupun begitu, ada sejumlah penyebab lainnya yang mungkin mesti lebih Anda waspadai.

1. Smegma
Smegma merupakan bercak putih yang terbuat dari campuran berbagai sel kulit mati, minyak, keringat, maupun kotoran yang menumpuk menjadi daki pada sekitar lipatan kulit penis. Smegma biasanya akan terjadi pada penis yang tak disunat karena kulit kulup sangat rentan berkeringat.

Bila Anda jarang membersihkan penis, maka daki tersebut dapat menjadi lokasi tinggal untuk kuman dan bakteri yang akan menyebabkan penis bau. Smegma yang mengeras juga bisa menyebabkan iritasi dan peradangan infeksi di bagian penis. Capsadomino.net

2. Infeksi saluran kencing
Walau lebih sering menyerang wanita, bukan artinya pria tak dapat mengalami infeksi saluran kencing. Gejala ISK pada pria yang sangat umum yakni rasa sakit dan perih panas ketika berkemih, namun juga dapat menyebabkan penis bau menyengat.

Bila tidak diobati, infeksi saluran kencing pria dapat menyebabkan peradangan pada prostat, epididimis, maupun testis yang meningkatkan masalah kesuburan. ISK bisa diobati dengan antibiotik resep dokter, Dokter juga mungkin menyarankan Anda agar dapat memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. BANDAR SAKONG

3. Infeksi jamur pada penis
Infeksi jamur Candida dapat menyebabkan penis mengeluarkan bau yang tidak sedap. Risiko pria terserang infeksi jamur pada penis meningkat jika tidak menjaga kebersihan penis, khususnya bila Anda tidak disunat. Infeksi jamur pun akan ditularkan melalui hubungan seksual dari pasangan wanita yang memiliki infeksi jamur juga.

Bila tak segera diobati, infeksi ini akan menyebabkan peradangan lebih lanjut. Langsung mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Balanitis
Balanitis merupakan peradangan yang menyerang kepala penis laki-laki yang belum disunat. Penyakit tersebut akan menimbulkan gejala misalnya bengkak, penis sakit, memerah, mengeluarkan bau yang kurang sedap, ditambah akan terasa nyeri ketika buang air kecil. BANDAR DOMINO

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*